Ajarkan Untuk Sayangi Binatang

Ajarkan Untuk Sayangi Binatang

89
0
BERBAGI

Ajarkan kepada anak-anak agar menyayangi binatang, menjelaskan kepada mereka bahwa menyiksa mereka merupakan dosa besar yang bisa mengancam seseorang ke dalam neraka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda

عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ فَدَخَلَتْ فِيهَا النَّارَ لَا هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَلَا سَقَتْهَا إِذْ حَبَسَتْهَا وَلَا هِيَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ الْأَرْضِ

“Seorang wanita disiksa karena seekor kucing, ia mengurungnya sampai mati, maka ia pun masuk neraka karenanya. Dia tidak pernah memberi makan atau pun minum ketika mengurungnya, tidak pula melepaskannya sehingga kucing tadi bisa mencari makan sendiri.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Menyiksa binatang bukanlah perkara yang sepele, ia termasuk dosa besar yang menjerumuskan ke dalam neraka. Jika anak tidak dididik dan ditanamkan dalam hati mereka untuk menyayangi binatang, maka akibatnya bisa fatal.

Karena kita melihat dan menyaksikan sendiri betapa banyak anak-anak, terutama anak-anak lelaki menjadikan binatang sebagai mainan; semut, jangkrik diadu, belalang, capung diputus kakinya, kucing, ayam dibuat mainan, yang semua itu adalah bentuk-bentuk siksaan kepada hewan.

Oleh karena itu, ajarilah mereka rasa kasih sayang dengan binatang, jangan sampai kebiasaan jelek terbawa hingga dewasa.