Bahagia Dalam Rumah Tangga

Bahagia Dalam Rumah Tangga

97
0
BERBAGI
bahagia dalam rumah

Bahagia Dalam Rumah Tangga

Kebahagian dalam rumah tangga merupakan hal yang sangat didambakan oleh setiap pasangan suami istri, mereka selalu mendambakan keluarga yang sakinah dengan penuh keberkahan. Untuk mewujudkan hal tersebut, setiap pasangan suami istri seharusnya betul-betul meneguhkan keyakinan besar untuk mencapai kebahagian itu.

Mendekatkan diri kepada Allah adalah cara yang paling baik, Kedekatan kita kepada Allah akan menjadi awal yang baik dalam membangun rumah tanggga yang bahagia,

Dalam tuntunan agama islam ini, ada beberapa hal yang bisa di lalui oleh para pasangan suami istri untuk meraih kebahagian dalam rumah tangganya dengan pendekatan kepada Allah. Diantaranya:

  • Memperbanyak dzikir kepada Allah
dzikir kepada Allah
pixabay.com

Kegelisahan dalam rumah tangga kerap kali silih berganti mengarungi kehidupan dalam keluarga, sehingga membuat keadaan hati menjadi gelisah perasaaan terasa sempit hingga menjadi gundah gulana.

Dalam keadaan ini perlunya memperbanyak dzikir kepada Allah, karna dzikir tersebutlah yang akan menenangkan hati kita, sebagaimana yang telah di jelaskan dalam kitabullah, QS. Ar-Rad’u

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-Rad’u: 28)

Begitu pula yang di jelaskan oleh Rasulullah dalam hadisnya:

“Perumpamaan rumah yang dijadikan sebagai tempat mengingat Allah dan rumah yang tidak dijadikan sebagai tempat mengingat Allah adalah bagaikan perbedaan antara orang yang hidup dan mati.” (HR. Muslim).

  • Memperbanyak membaca al-Qur’an
membaca alquran
pixabay.com

membaca al-qur’an membawa ketenangan kepada para pembacanya, rumah yang di bacakan al-Qur’an padanya akan lebih mulia dari rumah-rumah yang tidak di bacakan al-Qur’an dan syetan pun akan lari ketakutan dari rumah tersebut, sebagaimana yang di jelaskan dalam hadis nabi Muhammad shalalahu alaihi wasallam:

Dari Abu Hurairah radhiAllahu’anhu bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wasalam bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian pekuburan, sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim).

Saling menasehati dalam ketaatan pada allah
Hidup dalam keataatan pada rumah tangga adalah salah satu bagian yang sangat menenangkan di dalam kehidupan rumah tangga, saling mengingatkan dari hal-hal yang buruk yang ditakutkan dapat menghadirkan murka Allah, saling menasehati dalam ketawaan,dan lain sebagainya pada perkara yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Allah subhanahu wataala berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S. At-Tahrim: 6)

Manisnya keberkahan rumah tangga insya Allah akan terasa lebih  bila kita bisa mempraktekkan apa yang telah kita bahas di atas, dan pada hakekatnya tata cara mencapai kebahagian rumah tangga yang bahagia sangatlah banyak, dan inti yang kita telah sebutkan di atas ialah  selalu berusaha sadar untuk mendekatkan diri kepada Allah