Berdoalah, Pasti Akan Dikabulkan

Berdoalah, Pasti Akan Dikabulkan

1348
0
BERBAGI

Jika Anda mendapat cobaan yang sulit, tidak ada yang pantas Anda lakukan kecuali berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Allah setelah bertaubat dengan serius. Kekeliruan memang akan beroleh balasan berupa siksaan.

Saat kekhilafan terhapus dengan taubat, terangkatlah penyebab siksaan tersebut. Andaikata Anda bertaubat dan berdoa namun tak ada tanda akan dikabulkannya doa Anda, maka periksalah diri Anda. Mungkin taubat Anda belum benar.
Jika demikian, perbaikilah, lalu berdoalah dan jangan sekali-kali merasa bosan. Mungkin kemaslahatan akan Anda terima jika doa Anda tidak segera dikabulkan; atau mungkin jika pun doa anda dikabulkan maka tidak membawa maslahat apa-apa. Meskipun demikian, Anda tetap mendapat pahala dan akan terus memperoleh manfaat dari doa yang Anda panjatkan. Diantara manfaat itu adalah Allah tidak memberi apa-apa yang Anda minta, namun menggantinya dengan yang lain.
Jika iblis mendatangi Anda dan berkata, “Betapa seringnya engkau berdoa, namun doamu tidak di jawab sama sekali,” jawablah dengan jawaban yang membuatnya tidak bisa berbuat apa-apa. Katakan padanya, “Saya berdoa untuk beribadah. Saya yakin bahwa jawaban dari doa itu pasti ada.”
Kemungkinan, penundaan jawaban doa itu karena Allah melihat kepentingan yang berdoa. Jawaban akan datang pada saat yang tepat. Kalaupun tidak terjawab, yang pasti orang itu telah melakukan ibadah dan merendahkan diri di depan sang Khaliq.