Beri Anak Jadwal Belajar dan Bermain

Beri Anak Jadwal Belajar dan Bermain

433
0
BERBAGI

Supaya anak-anak kita terbiasa dan tumbuh dengan kedisiplinan, maka kita selaku orang tua sudah seyogyanya melatih mereka sejak dini dengan sikap disiplin dalam aktivitas keseharian mereka.

Untuk menunjang hal tersebut, maka diharapkan bagi setiap orang tua untuk membuatkan jadwal khusus bagi anak-anak mereka dalam belajar dan bermain.

Buatlah jadwal dalam sepekan dengan pengaturan waktu yang proporsional dalam belajar dan bermain, sehingga anak tidak terlalu banyak bermain, juga tidak merasa penat dengan belajar karena ada waktu main khusus untuk dirinya.

Pengaturan tersebut bisa perhari, yakni dengan dibatasi berapa jam waktu untuk bermain dalam sehari, kemudian saat hari libur misalkan hari Sabtu dan Ahad dijadikan waktu bagi mereka untuk bermain secara full dari jam sekian sampai jam sekian.

Dijadwalkan untuk mereka waktu khusus dalam menghafal Al-Qur’an dan murajaah hafalan.

Waktu khusus untuk membaca buku, waktu khusus untuk murajaah pelajaran sekolah.

Beri mereka amanah pula untuk membantu pekerjaan rumah sehari-hari, seperti menyapu, mengepel, bersihkan kamar mandi, merapikan kamar.

Dan hal ini insya ALLAH dapat terlaksana dengan mudah jika orang tua benar-benar komitmen dan membantu anak-anaknya dengan turut mencotohkan secara riil.

Misalkan pada jadwal anak membaca buku, maka diharapkan bahwa ketika itu pula orang tuanya juga turut membaca buku, atau paling tidak melakukan pekerjaan rumah.

Sebab jika sang anak diperintah membaca buku kemudian orang tua justru sibuk bermain HP atau menonton TV, bagaimana bisa seorang anak menjadi bersemangat?. Justru hal tersebut akan menjadi dalih baginya untuk mengelak.

Kadang kita menuntut sesuatu yang berlebihan kepada anak, sedang kita sendiri tidak berusaha membantunya, oleh karenanya jadilah teladan yang baik dan berusahalah melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk kita dan keluarga kita.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلَا تَعْجَزْ ..

“Bersemangatlah dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada ALLAH dan jangan kamu lemah.” [HR. Muslim]