Bersyukur Dengan Berbakti

Bersyukur Dengan Berbakti

369
0
BERBAGI

ALLAH تبارك وتعالى berfirman,

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada ibu bapaknya. Ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa, “Wahai RABBku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat ENGKAU yang telah ENGKAU berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shalih yang ENGKAU ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada ENGKAU dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaf : 15)

Banyak sekali faidah yang bisa kita petik dari ayat yang mulia diatas, diantaranya :

a. Wajibnya berbakti kepada orang tua karena perintah ALLAH. Dan karena secara umum mereka telah bersusah payah dalam membesarkan anaknya.

b. Walaupun orang tua tidak melakukan tugasnya dengan baik, maka seorang anak tetap wajib berbuat baik kepada orang tuanya berdasarkan perintah ALLAH.

c. Seorang Ibu jasanya lebih besar dalam membesarkan seorang anak, oleh karenanya ia berhak mendapatkan kebaktian anaknya tiga kali lipat dibanding ayahnya.

d. Waktu mengandung sampai tuntas menyapih adalah 30 bulan. Sedangkan di ayat lain dijelaskan bahwa waktu menyusui sampai masa sapih adalah 2 tahun (24 bulan), sehingga masa paling sedikit seorang hamil sampai melahirkan (prematur) ialah 6 bulan.

e. Barangsiapa melahirkan anak sejak ia menikah kurang dari 6 bulan, maka kemungkinan terbesarnya bahwa ia telah dicampuri sebelum menikah. Sehingga menurut fuqaha si anak dinisbatkan nasabnya kepada ibu.

f. Usia 40 tahun adalah masa dimana akal seseorang mengalami puncak kematangan berpikir.

g. Sudah seyogyanya bagi seorang hamba untuk semakin mendekatkan diri kepada ALLAH seiring dengan bertambahnya usia.

h. Seorang akan benar-benar mengerti perasaan orang lain ketika ia mendapatkan keadaan yang serupa dengannya.

i. Seorang anak akan jelas mengetahui susahnya mendidik anak, ketika ia sudah memiliki anak.

j. Jika kita menjadi orang tua pastilah kita ingin anak-anak kita berbakti, maka jika posisi kita sekarang sebagai seorang anak, bayangkanlah perasaan orang tua kita yang ingin kita berbakti.