Dia Tidak Seperti Yang Kuharapkan

Dia Tidak Seperti Yang Kuharapkan

470
0
BERBAGI

Sering seorang lelaki berdoa kepada ALLAH, memohon di dalam tangisnya agar ALLAH menikahkannya dengan “fulanah”.

Alasannya macam-macam, sebab ia manis, sebab ia pandai, sebab ia hafal Al-Qur’an, sebab ia ini… sebab ia itu… dan…dan… seterusnya..

Dan tidak jarang seorang wanita juga bermunajat, memelas kepada ALLAH di dalam doanya agar ALLAH menikahkannya dengan “fulan”.

Alasannya macam-macam, sebab ia cakep, sebab ia aktivis masjid, pandai bersosialisasi, sebab ia ini… sebab ia itu… dan…dan… seterusnya…

Hari “H” pun benar-benar menjadi kenyataan, buah dari doa dan impiannya selama ini akhirnya terwujud…

Mereka resmi menikah…

Hingga akhirnya sifat jeleknya pun terkuak, perangai buruknya pun tersibak, cacat-cacat dan kejelekan-kejelekan lain pun perlahan-lahan menjadi kasat mata…

Apa benar ini yang aku cita-citakan selama ini?.

Dia tidak seperti yang kuharapkan.

Oleh karenanya, bagi siapa pun Anda yang sedang meminta belas kasihan kepada ALLAH untuk menundukkan hati-“(nya)”.

Yakinlah, bahwa belum tentu ia baik bagi Anda. Boleh jadi Anda akan banyak menyesal setelahnya. Jangan turutkan jiwa kita kepada nafsu yang menyamar cinta, tapi berdoalah kepada ALLAH.

“Ya ALLAH pilihkanlah pasangan yang terbaik bagi hamba, yang terbaik bagi agama, kehidupan dunia dan akhirat hamba.”

Atau jika Anda tetap bersikeras menginginkan “fulan” ataupun “fulanah” Anda, maka berdoalah dengan doa istikharah, mintalah kepada ALLAH, jika sekiranya ia baik untuk Anda agar bisa di dekatkan, dan sekiranya ia buruk agar bisa dijauhkan.

ALLAH تبارك وتعالى berfirman,

ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; ALLAH mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” [QS. al-Baqarah : 216]

Jika setelah beristikharah dan berdoa meminta yang terbaik kemudian Anda diberikan jodoh yang menurut Anda juga banyak cacat dan kekurangan, maka ketahuilah ia sejatinya adalah baik untuk Anda karena ALLAH lah yang telah memilihkannya, tergantung bagaimana sudut pandang Anda dalam menerima ketentuan ALLAH.

Dan satu hal, setiap kita pastilah memiliki kekurangan dan kesalahan, tapi sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan ialah orang yang mau memperbaiki diri.