DIANTARA SEBAB-SEBAB DIKABULKANNYA DOA

DIANTARA SEBAB-SEBAB DIKABULKANNYA DOA

454
0
BERBAGI

Berapa banyak orang yang berdoa akan tetapi doanya tidak terkabulkan, itu karena sebagian orang tidak mengetahui fiqh doa..

Saudaraku.. saudariku..
Doa mempunyai adab-adab dan sebab-sebab diterimanya doa kita secara umum, doa untuk saudara-saudara kita dan untuk umat kita secara khusus:

1. Bersedekah walaupun sedikit sebelum dan setelah berdoa dengan niat kita bersedekah atas diri kita atau atas saudara-saudara kita yang kita doakan, seakan-akan mereka yang bersedekah.

2. Memperbanyak istigfar sebelum dan sesudah berdoa.

3. Berwudhu kemudian menghadap kiblat dan memulai dengan bertawassul kepada Allah dengan amal-amal shalih kita.

4. Mengulang-ulangi, mengiba dan memohon dengan sepenuh hati seraya mengadahkan tangan dengan penuh kerendahan dan ketundukan.

5. Memulai dengan memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah ﷺ.

6. Dan menutup doa dengan keduanya pula (memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah ﷺ).

7. Dan dipertengahan doa juga kita memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah ﷺ, mengagungkan Allah dan bertawassul kepadanya dengan penuh keyakinan bahwa doa kita akan segera dikabulkan.

Dan yang dapat membantumu untuk yakin yaitu engkau mengingat firman Allah akan hal tersebut:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (Ghafir: 60).

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Al-Baqarah: 186).