“HALAL DI MALAM HARI”

“HALAL DI MALAM HARI”

99
0
BERBAGI

Selain menahan lapar dan dahaga, pasangan suami istri, juga harus menahan keinginan untuk bercampur di siang hari saat puasa. Barangsiapa yang dengan sengaja mencampuri istrinya di siang hari bulan Ramadhan, maka ia telah melakukan dosa besar, bahkan ia pun harus membayar kafarat yang berat pula, dari membebaskan budak, atau berpuasa dua bulan berturut-turut, atau memberi makan 60 orang miskin.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir, karena Allah telah memberikan keringanan bagi sepasang suami istri, untuk bercampur di malam hari bulan Ramadhan.

Allah berfirman,

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ

“Dihalalkan bagi kalian, pada malam hari bulan Ramadhan bercampur dengan isteri-isteri kalian, mereka adalah pakaian bagi kalian, dan kalian pun adalah pakaian bagi mereka.” (Al Baqoroh : 187)

Ini adalah bentuk keringanan yang patut kita syukuri, terlebih lagi bagi mereka, yang ingin mendapatkan keberkahan bercampur di malam Ramadhan.
Allah berfirman,

فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ

“Maka sekarang campurilah mereka (di malam hari bulan Ramadhan), dan carilah apa yang akan ditetapkan oleh Allah bagi kalian.” (Al Baqoroh : 187)

Ibnu Abbas berkata, maksud dari mencari apa yang akan ditetapkan oleh Allah bagi kalian adalah,mendapatkan seorang anak.

Semoga Allah memberikan kita rizki berupa anak yan gsholeh di bulan ramadhan ini.