Hati – Hati Dengan Hutang

Hati – Hati Dengan Hutang

532
0
BERBAGI

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

«مَنْ أَخَذَ أَمْوُالَ النَّاسِ يُرِيدُ أَدَاءَهَا أَدَّى اللهُ عَنْهُ، وَمَنْ أَخَذَ يُرِيدُ إِتْلاَفَهَا أَتْلَفَهُ اللهُ»

“Barangsiapa meminjam uang dengan niatan akan mengembalikannya, maka ALLAH akan menolong dia agar mudah mengembalikannya. Barangsiapa meminjam uang dengan niatan tidak akan mengembalikannya, maka ALLAH akan mengabaikannya.” (HR. al-Bukhari)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

«أَيُّمَا رَجلٍ يَدِينُ دَيناً وهُوَ مُجْمِعٌ أَنْ لاَ يُوَفِّيَهُ إِيَّاهُ، لَقِيَ اللهَ سَارِقاً».

“Lelaki manapun yang memiliki hutang, sedang ia bertekad bulat tidak akan melunasinya, maka ia akan menjumpai ALLAH dengan status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

«وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ! لَوْ أَنَّ رَجُلاً قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللهِ، ثُمَّ أُحْيِيَ، ثُمَّ قُتِلَ، ثُمَّ أُحْيِيَ، ثُمَّ قُتِلَ، وَعَلَيْهِ دَيْنٌ، مَا دَخَلَ الْجَنَّة حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ دَيْنُهُ»

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-NYA. Andaikata salah seorang terbunuh di medan jihad, kemudian dihidupkan kembali, kemudian terbunuh sekali lagi, kemudian dihidupkan kembali, kemudian terbunuh sekali lagi, sedang ia memiliki hutang, maka sekali-kali ia tidak akan masuk surga, sampai hutangnya dilunasi.” (HR. An-Nasa’i)

Jangan sekali-kali kita remehkan masalah hutang piutang. Karena hutang yang belum terlunasi di dunia, pasti akan dilunasi pada sebuah hari yang tidak ada alat tukar menukar kecuali amal kebajikan.

Maka amal kebajikan dari orang yang belum melunasi hutangnya di dunia, akan dipakai untuk menebus hutangnya serta diberikan kepada orang yang menghutangi.

Jika orang yang berhutang ini tidak memiliki kebajikan sedikit pun, maka dosa orang yang menghutangi akan dikurangi sebanyak harga hutangnya untuk kemudian dipikulkan dosa tersebut kepada orang yang berhutang.

Maka jika kita benar-benar beriman kepada sebuah hari yang akan berlangsung seperti ini, seyogyanya bagi kita sekarang untuk tidak meremehkan permasalahan hutang, tidak gampang berhutang apalagi yang berbunga, serta segera melunasi hutang-hutang kita.