Hati-Hati Memilih Pengasuh

Hati-Hati Memilih Pengasuh

23
0
BERBAGI

Jika kita termasuk orang yang sibuk, dan tidak memiliki waktu lebih untuk memperhatikan anak-anak kita.Maka mempekerjakan pengasuh bagi anak-anak kita merupakan salah satu tawaran solusi yang cukup baik.

Namun sebagai orang tua, kita harus protektif, cermat dan jeli dalam memilih pengasuh yang baik.Karena banyak sekali kasus di lapangan pengasuh-pengasuh yang ternyata tidak amanah, tidak sabar, hanya tergiur bayarannya saja, namun tidak menjaga anak-anak dengan benar, bahkan mungkin melakukan kekerasan fisik yang tidak bisa ditolerir, karena ketidaksabaran mereka.

Dalam memilih pengasuh, yang harus dijadikan pertimbangan pertama kali ialah agamanya. Bagaimana perhatiannya terhadap shalat, ibadah; jika ia perempuan, maka bagaimana perhatiannya dalam masalah menutup aurat, dan berinteraksi dengan lawan jenis. Kemudian pilihlah mereka yang memiliki track record yang baik, tidak memiliki riwayat buruk dengan anak-anak.

Jika memungkinkan, maka carilah orang yang memang perekonomiannya butuh dibantu, dan ia juga mampu mengasuh. Syukur-syukur jika mereka juga mampu mengajari anak-anak kita mengaji dan hafalan Al-Qur’an.

Walaupun anak-anak dipasrahkan kepada pengasuh, namun kita tidak bisa lepas tanggung jawab begitu saja, kita juga harus memiliki waktu rutin khusus dalam sehari untuk berinteraksi dengan mereka, menanyakan kegiatan mereka, mendidik mereka, mengarahkan mereka.Jangan sampai sebagai orang tua kita lepas begitu saja, aset yang sangat berharga bagi kehidupan akhirat kita.