Hukum Lelucon

Hukum Lelucon

555
0
BERBAGI

Syaikh Muhammad bin Muhammad Al-Mukhtaarah Asy-Syinqity hafidzahullah ditanya:

Soal: Apa hukum lelucon jika menyebutkan sebuah kelompok tertentu atau suatu suku tertentu misalnya seperti perkataan: ‘Ada seorang lelaki dari suku ini, melakukan begini dan begitu’ dengan maksud mengolok dan menghina?

Syaikh hafidzahullah menjawab: “Itu sama halnya dengan mengghibah semua anggota suku, mereka semua akan meminta denda darimu pada hari kiamat nanti. Dan menagih pembalasan (hukuman yang setimpal) untukmu di depan Allah pada hari agung tersebut, di mana Allah memberi balasan kepada binatang dari sebagiannya yang lain, maka bagaimana pula dengan manusia yang dikenai kewajiban?

Dan tambah buruk lagi apabila lelucon itu terhadap suatu bangsa dan negara tertentu, maka akan bertambah pula orang-orang yang meminta denda kepadamu pada hari kiamat nanti.

Padahal engkau pada hari itu membutuhkan satu pahala, maka bagaimana pula engkau akan menghadapi orang-orang yang meminta ganti rugi kepadamu pada hari kiamat kelak?

Perkara itu sangat amat menakutkan dan pedih..
Harus bertaubat dengan segera..

Kita berlindung kepada Allah dari satu kata yang kita ucapkan yang bisa membuat kita masuk dan menyungkurkan muka kita ke dalam neraka Jahannam.

Maka wahai saudara dan saudariku yang tercinta..
Tangan, jari-jari bahkan ujung jari-jarimu yang menulis dan mengetik, ia akan menjadi saksi atasmu pada hari kiamat kelak tentang segala apa yang engkau tulis dan kutip..

((يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ))

Artinya: ((Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan)) QS 24:24.

Ini adalah perkataan dan peringatan dari Allah untuk kita di dunia sebelum kita berdiri di hadapan-Nya. Maka kita harus banyak-banyak mengintropeksi diri..

Semoga Allah senantiasa memberikan taufik-Nya kepada kita dan shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah ﷺ, keluarga serta para sahabat-sahabatnya..

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.