Islam secara Bahasa

Islam secara Bahasa

112
0
BERBAGI
Islam secara Bahasa

Islam secara Bahasa
Artinya tunduk dan pasrah sebagaimana yang telah di jelaskan dalam firman Allah:

فَلَمَّا أَسْلَمَا وَتَلَّهُ لِلْجَبِين, وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ, قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ

Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya), Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu”, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS,Ash-Shaffat,103-105)

Secara istilah menurut imam Muhammad At-tamimi mengatakan dalam kitab tsalasata usul,1/189:

Islam adalah pasrah kepada Allah dengan tauhid, tuduk kepadanya dengan mentaatinya , dan berlepas diri dari semua kesyirikan dan perlakuanya.
Dalam hal ini islam di bagi menjadi 2:

1. Islam secara ammah (umum)

Imam ibnu Utsaimin dalam syarah kitab usul As-Tsalasah menjelaskan bahwa “islam dalam arti umum adalah menyembah kepada allah, sesuai dengan syariat yang di turunkanya, sejak Allah mengutus para rasul, hingga hari kiamat.”
Dalam hal ini dikutip bahwa semua ajaran para nabi, yang mentauhidkan Allah, dan mengikuti syariat yang berlaku kala itu.

2. Islam secara khossoh (khusus)

Imam ibnu Utsaimin menjelaskan dalam kitabnya:
“Syariat nabi shallalahu alaihi wasallam menghapus semua agama sebelumnya, sehingga pengikutnya adalah orang islam, sementara yang menyimpang selain dari ajaran beliau itu bukan islam.”
Islam secara khusus adalah syariat yang di bawa oleh nabi Muhammad shallahu alaihi walasallam, dan dengan syariat yang di bawanya menghapus syariat sebelumnya yang bertentangan dengannya.

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ۚ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالَّذِينَ هُمْ بِآيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ

Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami”.