Istriku, Penyejuk Hatiku

Istriku, Penyejuk Hatiku

582
0
BERBAGI

Seorang istri adalah partner sejati bagi seorang suami. Banyak permasalahan-permasalahan hidup yang kadang terasa berat ditopang oleh suami, namun demikian ia menjadi terasa ringan dikarenakan seorang istri yang dengan setia menyemangatinya dan menghibur dirinya.

Tengoklah, betapa takut dan terkejutnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم ketika beliau mendapat wahyu yang pertama kali turun.

Hingga beliau pun pulang dalam keadaan takut dan gemetar, namun Khadijah رضي الله عنها istri beliau, benar-benar paham cara untuk menenangkan hati suaminya, ia pun berkata lembut kepada suaminya,

“Berbahagialah wahai suamiku, demi ALLAH!. ALLAH sekali-kali tidak akan pernah menghinakanmu. Sesungguhnya engkau adalah orang yang suka bersilaturahim, berkata jujur, senang memuliakan tamu, menolong yang lemah, membantu para pengangguran, dan membela orang-orang yang benar.” [Shahih as-Sirah an-Nabawiyah hal. 85]

Lihatlah, bagaimana peran seorang istri shalihah benar-benar besar, dalam kehidupan seorang pengemban risalah yang agung Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Terjalnya jalan dakwah dan besarnya rintangan, benar-benar terasa ringan ketika ada seorang istri disamping beliau yang senantiasa mendukung dan mensuport dakwah beliau.

Pada akhirnya kehilangan seorang istri shalihah semisal Khadijah binti Khuwailid رضي الله عنها benar-benar membuat beliau merasa sedih dan kehilangan, hingga tahun kewafatan beliau dicatat dalam sirah Nabawiyah sebagai ‘Aamul Huzn’ (tahun kesedihan).

Itulah potret teladan bagi semua istri sepeninggal beliau, terutama para istri di zaman ini, yang jauh sekali dari teladan yang baik.

Maka jika Anda seorang istri, jadilah seorang istri yang menjadi penyejuk hati suami, dengan membantu suami Anda dalam berbuat taat kepada ALLAH, meringankan beratnya beban suami Anda dengan ucapan-ucapan lembut yang menghibur hatinya.

Mudah-mudahan, dengan demikian Anda akan dicatat sebagai seorang istri yang berbakti, yang berhak untuk masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendaki.