Jajanan Sehat Untuk Anak

Jajanan Sehat Untuk Anak

289
0
BERBAGI

Banyak kasus anak terkena typus, muntaber, disentri, dan diare dikarenakan jajanan anak-anak yang tidak sehat.

Bagaimana tidak jika minyak yang digunakan berulang kali sampai hitam, jajanan digelar dipinggir jalan, saos sambal diragukan bahannya, dan bahan-bahan lain yang diracik sembarangan.

Sebagian oknum pedagang memang kerap kali ngawur dalam berdagang, mereka hanya berpikir keuntungan saja tanpa berpikir dampak buruk yang akan diterima oleh konsumen.

Islam telah memberikan garis besar makanan yang boleh dikonsumsi bagi kita.

ALLAH عز وجل berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا

“Wahai sekalian manusia, makanlah apa yang ada di bumi dari yang halal dan thayyib….” [QS. al-Baqarah : 168]

Kata halal mencakup segala sesuatu yang telah ALLAH halalkan bagi kita, dan mengeluarkan segala sesuatu yang ALLAH haramkan, semisal babi, khamr dan lain-lain.

Kata thayyib berarti sesuatu yang baik bagi tubuh kita, karena tidak semua yang halal berarti baik bagi tubuh kita, semisal orang yang terkena diabetes maka tidak thayyib mengkonsumsi gula, meskipun gula adalah sesuatu yang halal.

Sebagai orang tua, hendaknya kita lebih perhatian terhadap apa yang dikonsumsi anak-anak kita, seperti jajanan mereka.

Sehingga seorang ibu rumah tangga dituntut mampu membuat jajanan sehat sendiri sebagai pengganti jajanan di luar, atau paling tidak memilihkan jajanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Lebih baik dan hemat lagi jika setiap orang tua membawakan bekal makanan rumah untuk anak-anak mereka ketika berangkat ke sekolah, agar anak-anaknya tidak terbiasa jajan di luar yang selain kurang sehat juga memperbanyak pengeluaran bulanan.