Jangan Abaikan Anjuran Nabi (Untuk Memilih Agama Wanita)

Jangan Abaikan Anjuran Nabi (Untuk Memilih Agama Wanita)

212
0
BERBAGI

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah mewasiatkan kepada kita, agar memilih istri yang baik agama dan akhlaknya. Beliau shallallahu ‘alahi wasallam bersabda,

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Wanita dinikahi karena empat faktor; hartanya, kedudukannya, kecantikkannya dan agamanya.Jadilah pemenang dengan memilih agamanya, kalau tidak maka sungguh engkau merugi.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Wasiat Nabi shallallahu ‘alahi wasallam ini sudah seyogyanya kita perhatikan dengan seksama, karena disitulah kebahagiaan pernikahan muncul.

Seseorang mengeluh kepada Sufyan bin ‘Uyainah, “Wahai Abu Muhammad, aku datang kesini untuk mengadukan fulanah (istrinya sendiri). Sungguh, aku menjadi orang yang paling rendah dan paling hina disisinya.”

Sufyan bin ‘Uyainah pun menunduk sesaat, kemudian mengangkat kepalanya kembali sembari mengatakan, “Barangkali tujuan kamu menikahinya supaya martabatmu terangkat.” Ia menjawab, “Iya, memang benar wahai Abu Muhammad.”

“Barangsiapa menikah karena martabat, maka ia akan diuji dengan kehinaan. Barangsiapa menikah karena harta, maka ia akan diuji dengan kefakiran. Dan barangsiapa menikah karena agama, maka Allah kumpulkan untuknya kemuliaan, harta dan agama sekaligus.” Tandas Sufyan Ibnu ‘Uyainah. (Tahdzib al-Kamal, 11/194)

Demikian pula kecantikan wanita tidak menjamin kebahagiaan hidup berumah tangga, betapa banyak para suami memiliki istri-istri yang sangat cantik bak bidadari, namun ternyata mereka tidak merasa bahagia di dalam pernikahanya.

Pilihlah agama karena itu sumber keberkahan dan kebahagiaan pernikahan.