Jangan Putus Asa Bertaubat

Jangan Putus Asa Bertaubat

346
0
BERBAGI

Seberapa pun besar dosa kita, seberapa pun sering kita terjatuh ke dalam kemaksiatan, maka janganlah pernah untuk berputus asa dalam bertaubat.

ALLAH Azza wa Jalla berfirman,

(وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا)

“Dan barangsiapa berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya dia akan mendapatkan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. an-Nisa : 110)

Jangan pernah merasa malu untuk terus meminta ampun kepada ALLAH, meski sudah berulang kali terjatuh dalam dosa yang sama. Karena sesungguhnya ALLAH akan terus mengampuni dosa-dosa kita selagi kita memohon ampun kepada-NYA.

Setan ingin agar kita putus asa dan merasa malu dari bertaubat, hingga ia bisa leluasa untuk melanggengkan manusia di dalam kemaksiatan.

Ditanyakan kepada al-Hasan al-Bashri rahimahullah, “Apakah seorang manusia tidak merasa malu kepada Rabbnya, ia berbuat dosa lalu beristighfar, kemudian berbuat dosa lagi dan beristighfar, kemudian berbuat dosa lagi?.”

Beliau menjawab, “Setan sangat berharap bisa mengalahkanmu dalam perkara ini, maka janganlah pernah kalian merasa bosan untuk terus beristighfar (ketika terjatuh di dalam dosa).” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abid Dunya dalam at-Taubah)

Sungguh Adam ‘alaihissalam telah sukses dengan lima perkara :
1. Mengakui dosanya
2. Menyesalinya
3. Mencela perbuatannya
4. Cepat meminta taubat
5. Dan tidak pernah putus asa dari rahmat ALLAH.

Dan sungguh Iblis laknatullahi ‘alaihi telah gagal karena lima perkara :
1. Tidak mengakui dosanya
2. Tidak menyesali perbuatannya
3. Tidak mencela dirinya
4. Tidak bertaubat atas dosanya
5. Serta putus asa dari rahmat ALLAH.
(al-Bahru al-Muhith, 4/229)

Seberapa besar dosamu, seberapa sering kau terjatuh dan mengulanginya, maka jangan pernah berhenti untuk bertaubat, menyesali perbuatan, dan banyak beristighfar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.