JANGAN TERTIPU DENGAN BANYAK AMAL TANPA TAQWA

JANGAN TERTIPU DENGAN BANYAK AMAL TANPA TAQWA

294
0
BERBAGI

Seorang laki-laki berkata: ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya Fulanah (seorang perempuan) menyebutkan tentang banyak shalatnya, puasanya dan shadaqahnya tetapi ia menyakiti tetangga dengan lisannya. Nabi berkata: “Ia di neraka”.

Laki-laki itu berkata lagi: ‘Wahai Rasulullah sesungguhnya fulanah menyebutkan tentang sedikit puasanya, shadaqahnya dan shalatnya serta ia bershadaqah beberapa potong keju dan tidak menyakiti tetangganya’. Nabi berkata:”Ia di surga” (Dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam ‘Misykatil Mashaabih 4922. HR Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya 5764)

Hikmah yang paling agung dari disyariatkannya ibadah adalah tercapainya taqwa kemudian diwujudkan dalam realitas kehidupan sehari-hari dengan takut kepada Allah, dalam pergaulan, dan akhlak yang baik kepada hamba-hamba Allah..

Banyak dalil tentang hikmah dari ibadah yaitu tercapainya taqwa..
Salah satunya, Allah berfirman:
{ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa } Al Baqarah:183.

Perempuan di atas dan lainnya dari sebagian kaum perempuan dan laki-laki mereka berpuasa pada siang hari dan melakukan shalat di malam hari tanpa rasa khusyu’, tidak ikhlas, dan tanpa taqwa,,

Mereka menyakiti orang-orang di sekitarnya baik dengan lisannya seperti perempuan yang disebutkan dalam hadist, atau dengan perbuatan-perbuatannya, suka menebar fitnah dan rasa dengki antara keluarga dan tetangganya.. yang mana itu menghapus amal perbuatannya.. Na’udzubillah minta dzalik..

Perempuan tersebut dalam neraka dan kebaikan-kebaikan yang ia tampakkan pun dalam neraka,, Karena ia menyakiti tetangganya dengan lisannya,,

Maka bagaimana pula dengan remaja-remaja yang menyakiti orang tua mereka dengan perkataan keras dan kasar yang menyakitkan..??!

Karena itu jangan menilai seseorang hanya dengan amalan dzahirnya saja..

Karena sesungguhnya berapa banyak dari orang-orang yang rajin beribadah dan zuhud, akan tetapi merekalah yang jauh dari Allah dan surga..??

Dan berapa banyak dari orang-orang yang sedikit beribadah akan tetapi mereka termasuk golongan Wali-wali Allah disebabkan karena taqwa, dan baiknya akhlak dan perbuatan mereka..

Maka perbanyaklah doa agar Allah selalu memperbaiki hatimu, dan memberimu rezki taqwa dan akhlak yang baik karena itu adalah sesuatu yang paling besar di timbangan seseorang pada hari kiamat sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah ﷺ..

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.