Kritikan Cinta Kepada Pasangan

Kritikan Cinta Kepada Pasangan

1083
0
BERBAGI

Suami –istri terkadang mengkritik pasangannya dalam satu perkara, namun satu hal yang patut diingat, hendaklah tidak menggunakan kata-kata yang tidak baik sehingga bisa melukai hati pasangan dan membuatnya semakin jauh dari kebenaran. Ungkapan (kritikan) ini adalah sarana untuk mengajak bersatu memperbaiki apa yang rusak dan meyelesaikan masalah. Ada suami atau istri yang bila mengkritik pasangannya tidak menimbang apa yang diucapkannya, lidahnya melontarkan kata-kata pedas yang selesai pengucapannya patut meminta maaf karenanya, dan terkadang malah mengundang masalah yang lebih besar lagi.

Hendaknya sebuah kritik dikemas dalam bungkus cinta dan kasih sayang ,”Sayang saranku mungkin kamu bisa melakukan seperti ini dan ini….”

Sebuah contoh mengagumkan dalam mengkritik seorang kekasih, hadir dari Aisyah, dia berkata :

Rosulullah bersabda kepadaku, ‘Sungguh aku tahu, bila kamu ridha kepadaku dan bila kamu marah terhadapku’. “Dia berkata, Maka aku bertanya,’Darimana engkau tahu wahai Rosulullah?’ Rosululloh menjawab, ‘bila kamu ridho kepadaku, maka kamu berkata,’Tidak, demi Rabb Muhammad. ‘Bila kamu marah, maka kamu akan berkata,’Tidak, demi Rabb Ibrahim’.” Dia berkata, “ Aku menjawab,’Benar, demi Allah, wahai Rosululloh, aku tidak meninggalkan kecuali namamu (sementara hati dan cintaku tetap sebagaimana semula) HR. Bukhori dan Muslim.

================

Mawadah Center Lembaga Konsultasi Keluarga Sakinah dan Syariat Islam

layanan konsultasi (GRATIS)

via WhatsApp atau Telegram ke nomor 081915327292 / 081297777864

Join chanel telegram kami di @mawaddahcenter

BERBAGI
Artikel sebelumyaPENUHILAH HAK ISTRI
Artikel berikutnyaMAHAR AL QUR'AN