KUAT SUKSES MENDIDIK ANAK

KUAT SUKSES MENDIDIK ANAK

43
0
BERBAGI

Oleh : Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al Abbad Hafidhohullah

1. Memilih Istri.
Penopang pertama dalam pendidikan anak adalah memilih istri shalihah, dan ini dilakukan sebelum ia dikaruniai anak. Maka wajib bagimu bersungguh-sungguh memilih istri yang dikenal keistiqamahan, keshalihan dan ketakwaannya. Karena ia akan menjadi partnermu dalam mendidik, mengajar, mengawasi pertumbuhan anak dengan baik. Walaupun seandainya seorang istri shalihah tidak bisa mebantu dalam hal pendidikan anak, maka ia tidak akan membahayakan anaknya dalam agama dan akhlaknya.

2. Doa.
Termasuk penopang terpenting adalah mendoakan kebaikan untuk anak-anak. Dan ini dilakukan sebelum mempunyai anak atau setelahnya. Orang tua berdoa agar dikaruniai keturunan yang shalih. Dan juga berdoa setelah dikaruniai anak, agar mereka diberikan hidayah, keshalihan dan keistiqamahan serta keteguhan di atas agama, dengan begitu ia telah meneladani para Nabi

3. Memberi Nama yang Baik.
Diantara perkara yang sangat membantu dalam pendidikan yang baik buat anak adalah orang tua memilihkan untuk anak-anak mereka nama yang baik yang mengikat mereka dengan ketaatan kepada Allah ta’ala seperti Abdullah, Abdurrahman, Muhammad, dan Shalih dan nama yang semisalnya

4. Adil.
Termasuk dari penopang terbesar dalam pendidikan anak adalah berbuat adil terhadap anak-anak, dan menjauhi kecenderungan dan kezhaliman; karena orang tua apabila tidak berbuat adil terhadap anak-anaknya, akan memicu munculnya permusuhan diantara mereka dan sikap saling iri dan benci.

5. Kelembutan dan kasih Sayang
Dan diantara penopang dalam pendidikan anak adalah bersikap lemah lembut terhadap mereka, dan memperlakukan mereka dengan kasih sayang, ihsan, berhati-hati dan menjauhi dari sikap kasar, keras dan acuh-tak acuh

6. Nasihat dan pengarahan.
Dan termasuk penopang terbesar dalam pendidikan anak adalah terus menerus dalam memberikan nasehat dan pengarahan, apalagi dalam perkara-perkara penting, dan akhlaq yang mulia. Dimulai dengan mengajarkan aqidah, yang wajib-wajib dalam Islam dan rukun-rukunnya, dan semua pendidikan.

7. Teman yang baik.
Mengawasi anak dalam pergaulan dan pertemanan termasuk dari sebesar-besar penopang yang wajib diperhatikan dalam pendidikan; karena teman adalah magnet, yang pasti mempengaruhi temannya.

8. Keteladanan pendidikan
Diantara penopang besar dalam pendidikan anak : orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya. Jika ia memerintahkan kepada kebaikan, maka dialah orang yang bersegera melakasanakannya, dan jika ia melarang dari kejelekan; maka dialah orang yang paling menjauhinya.

(Disadur secara ringkas dari kitab Rakaaiz Fi Tarbiyatil Abnaa karya Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al Abbad Hafidhohullah)