Larutkanlah Ia ke Dalam Lautan Kebaikan

Larutkanlah Ia ke Dalam Lautan Kebaikan

442
0
BERBAGI

Setiap rumah tangga pasti memiliki masalah namun masalah ini tidak terjadi terus menerus, pastinya banyak juga kenangan manis yang tersimpan bersama pasangan hidup kita.

Agar kenangan itu tambah manis dan tidak mudah untuk dilupakan ketika masalah datang, mungkin bisa kita simpan ke dalam memori kita, salah satunya dengan cara ini.

Hendaklah masing-masing dari kita duduk sejenak saat hati ridha (senang hati) terhadap pasangan hidupnya, lalu ambillah sebuah pena dan secarik kertas, kemudian mulailah mencatat sifat-sifat positif pasangannya, lalu letakkanlah di tempat yang dekat dimana ia bisa menjangkaunya saat memerlukannya.

Kemudian apabila terjadi perselisihan atau percekcokan di antara mereka berdua, dia bisa mengambil kertas itu lalu menulis sifat-sifat negatif di halaman sebelah catatan yang dia tulis sewaktu dia ridha.

Niscaya dia akan dikejutkan oleh kenyataaan bahwa sifat-sifat positif ternyata jauh lebih banyak daripada sifat-sifat negatif pasangannya. Lalu mengapa kita tidak melarutkan kesalahan-kesalahan tersebut ke dalam lautan kebaikan?.

Saat marah, jiwa biasanya jauh dari sikap adil dan obyektif. Untuk mengetahui kebenaran fakta ini, mari kita mencoba melakukan latihan sederhana. Salah seorang dari kita mengambil sebuah pena dan secarik kertas, lalu menulis semua sifat-sifat positif pasangan hidupnya, dan meletakkannya di tempat yang dekat di mana dia bisa menjangkaunya saat memerlukannya.

Kemudian bila terjadi perselisihan atau percekcokan di antara keduanya, silahkan dia mengambil kertas lain lalu menulis sifat-sifat positif pasangannya, kemudian setelah itu hendaknya dia melihat kembali kertas pertama yang telah ditulis sebelumnya saat dia ridha (sedang tidak marah).

Maka dia akan tahu bahwa sifat-sifat positif yang dia tulis saat marah, ternyata jauh lebih sedikit daripada yang dia tulis saat sedang tidak marah.