Latih Anak Dengan Amanah Sejak Dini

Latih Anak Dengan Amanah Sejak Dini

477
0
BERBAGI

Diantara kesalahan orang tua dalam mendidik anak ialah, sikap mereka yang terlalu memanjakan anak-anaknya, dan tidak melatih mereka dengan tugas-tugas yang bisa menanamkan sikap amanah dan senang membantu.

Orang tua lebih suka jika anak-anak mereka khusyuk di depan game dan gadget, daripada anak-anak mereka yang kadang mengganggu pekerjaannya.

Padahal sikap anak yang mengganggu pekerjaan tidak lain merupakan sikap ingin tahu dan ingin meniru. Sebenarnya saat itu adalah kesempatan emas bagi orang tua untuk melatih anaknya agar senang membantu orang tua, sekaligus melatih amanahnya.

Dari Anas bin Malik رضي الله عنه berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah mendatangi kami, sedang kami tatkala itu masih berusia kanak-kanak. Beliau memberi salam kepada kami, dan kemudian mengutusku untuk suatu keperluan. Beliau duduk di pinggir jalan hingga aku kembali kepadanya.”

Anas melanjutkan, “Sehingga (karena hal tersebut) aku jadi terlambat pulang kepada Ummu Sulaim.” Beliau bertanya, “Apa yang membuatmu terlambat?.”

“Aku diutus oleh Nabi صلى الله عليه وسلم untuk suatu keperluan.” Jawabku.
“Apa itu?.” Tukasnya.
“Itu rahasia.”
Ummu Sulaim menimpali, “Jika demikian jaga (baik-baik) rahasia Nabi صلى الله عليه وسلم.” (HR. al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad)

Lihatlah, bagaimana Rasulullah صلى الله عليه وسلم melatih Anas dengan sebuah pekerjaan dan amanah, dan bagaimana Ummu Sulaim juga mendidiknya untuk menjaga amanah.

Hal yang penting seperti ini hampir-hampir ditinggalkan oleh kebanyakan orang tua pada zaman ini.

Maka dari itu, latihlah anak-anak kita sejak dini dengan suatu amanah, dan lihat bagaimana mereka mengemban amanah tersebut.

Jika masih terdapat kesalahan maka luruskanlah dengan cara yang lembut dan bijaksana, sehingga mereka benar-benar terbiasa dengan menjaga amanah.