Motivasi Anak Dengan Pahala Akhirat

Motivasi Anak Dengan Pahala Akhirat

533
0
BERBAGI
Word impossible transformed into possible. Motivation philosophy concept

Seorang anak yang belum berakal memang lebih suka diberi hadiah ataupun motivasi yang bersifat materi.

Baik dengan mainan, uang, tamasya ataupun hadiah lain sebagai imbalan perbuatan baik yang mereka lakukan.

Karena motivasi seperti ini bersifat kasat mata, dan bisa dinikmati secara langsung oleh panca indera di kehidupan dunia ini.

Sedangkan motivasi berupa janji pahala, ampunan dan surga bersifat tak kasat mata, makanya tak heran mengapa kebanyakan orang dewasa pun bahkan juga tidak terpengaruh dengan motivasi-motivasi imateriil semisal ini.

Namun sejatinya janji surga dan pahala bukan hanya sebatas motivasi saja untuk perbuatan baik anak-anak kita, melainkan hal tersebut merupakan seni menanamkan iman ke alam bawah sadar anak-anak kita.

Terlebih lagi hal tersebut ditunjang dengan fitrah mereka yang masih bersih dari kesyirikan, sehingga menanamkan nilai-nilai iman dengan adanya janji-janji ALLAH Yang Maha Benar harus senantiasa kita biasakan agar hal tersebut tertancap kuat dalam hati mereka.

Abdullah bin Mas’ud رضي الله عنه berkata, “Latih anak-anak kalian agar terbiasa shalat, kemudian biasakan pula agar mereka melakukan perbuatan baik, karena perbuatan baik itu butuh pembiasaan.” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abid Dunya dalam al-‘Iyal 1/469]

Nabi صلى الله عليه وسلم sendiri telah senantiasa menanamkan iman dan akidah sejak dini kepada para sahabat-sahabat Nabi yang masih belia.

Beliau صلى الله عليه وسلم pernah berwasiat kepada Ibnu Abbas رضي الله عنهما saat ia masih kecil,

احْفَظْ اللَّهَ يَحْفَظْكَ

“Jagalah (hak-hak) ALLAH, niscaya ALLAH akan menjagamu…” [HR. at-Tirmidzy]

Dengan penanaman motivasi pahala dan surga yang berulang-ulang tersebut mudah-mudahan akan menjadi sebuah mindset dalam alam bawah sadar mereka, sehingga hal tersebut diharapkan menjadi orientasi utama mereka ketika dewasa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.