NASEHAT BIMBINGAN KELUARGA

NASEHAT BIMBINGAN KELUARGA

505
0
BERBAGI

1. Saudariku.. Surga abadi yang di dalamnya kebahagiaan yang kekal.. Ia adalah cita-cita yang berhak mendapatkan pengorbanan..
Ia adalah tempat berkumpulnya para Nabi dan para Wali Allah..
Maka jangan engkau halangi dirimu darinya..

2. Terhadap suamimu.. Berikanlah ia rasa kasih sayangmu, cintamu dan kelembutanmu..

3. Saudariku.. Keluarlah dari ‘masalahmu’ dan jangan jadikan ia menguasai kehidupanmu (berlibur, berpiknik atau berkunjung ke rumah teman) dan pelajari bagaimana cara menghilangkan tekanan-tekanan dari dirimu.

4. Seorang wanita dibolehkan untuk mengusap kerudungnya yang susah untuk dilepas, karena Ummu Salamah -radhiallahu ‘anha- dahulu mengusap kerudungnya, dan mengusap seluruhnya; sebagai ganti dari mengusap kepala.

5. Wanita tercantik di dunia adalah ia yang menjaga agamanya dan kecantikannya dengan hijab syar’i. Maka engkau adalah sebuah permata.. Maka jangan biarkan lalat-lalat untuk berterbangan di sekitarmu..

6. Saudariku.. sebelum engkau meminta talak, berfikirlah dengan baik akan bagaimana masa depanmu dan masa depan anak-anakmu, dan perhatikan keadaanmu setelah itu, karena mungkin engkau akan sendiri dalam masa yang panjang tanpa pernikahan..

7. Sebagian wanita tidak menemukan solusi dari permasalahan rumah tangganya kecuali talak. Ia tidak berfikir, tidak berkonsultasi dengan orang yang ahli tentangnya, atau ia tidak mencari jalan keluar lainnya..
Sungguh banyak dari wanita-wanita yang telah bercerai mendambakan kehidupan mereka yang dahulu..

8. Para istri menunggu dari suami-suami mereka kata-kata lembut berisi pujian cinta, penghargaan dan kesetiaan. Karena pasti akan datang hari-hari wahai para suami dan yang tersisa untukmu hanya keluargamu dan semua akan meninggalkanmu..

9. Saudariku.. Sungguh Al-Qur’an adalah sebuah jalan besar untuk kunci kebahagiaanmu dan kelapangan dadamu.. Dan tidak benar apabila engkau meninggalkannya hanya karena berlibur, shoping, sibuk berchating dan berselancar di dunia maya..

10. Saudariku.. Bantulah suamimu atas kegelisahan hidup, jadilah sebaik-baik penolong baginya atas kesusahannya, dan senantiasa berusahalah untuk meringankan tekanan-tekanan darinya dengan setiap kecerdikan-kecerdikan..

11. Saudariku.. Benar bahwa engkau membutuhkan seorang pembantu yang dapat meringankanmu dalam pekerjaan rumah, akan tetapi jangan sampai engkau lalai bahwa sesungguhnya waktumu harus harus engkau gunakan untuk duduk mendidik anak-anakmu, untuk membaca Al-Qur’an atau untuk belajar memasak untuk suamimu..

12. Seorang istri yang sibuk dengan Whatsapp, Twitter dan media sosial lainnya, dan menjadikan seorang pembantu bertanggung jawab atas urusan masak dan pengaturan di rumah, maka ia adalah istri yang lalai, yang mungkin pernah tersakiti oleh suaminya..

13. Ketika engkau melihat kekurangan pada suamimu, maka bersikap lembutlah kepadanya, dan pilihlah cara yang paling baik dalam memberinya nasehat sebagaimana engkau suka apabila ia berlaku lembut kepadamu, maka berlaku lembut pulalah terhadapnya.

14. Seorang istri yang senyum kepada suaminya dan mengharapkan pahala atas baktinya kepada sang suami dan bersabar atas apa yang berasal darinya, maka sungguh itu semua adalah harta karun yang sangat berharga di dunia ini..

15. Wahai para pendidik.. Anak-anak kita menunggu darimu bimbingan pendidikan, nasehat yang baik, serta teladan yang istimewa.. Maka bertakwalah kepada Allah atas mereka.. Karena sesungguhnya kelalaian telah meliputi mereka..

Ditulis oleh: Syaikh Abdullah Al-‘Umary