ORANG BAKHIL DIAZAB DENGAN HARTANYA

ORANG BAKHIL DIAZAB DENGAN HARTANYA

438
0
BERBAGI

Seorang perempuan dengan tangan lumpuh datang kepada Aisyah radhiallahu ‘anha dan berkata: “Wahai Ummul Mukminin, saya seorang anak yang semalam tangannya masih sehat, kemudian di pagi hari lumpuh.

Aisyah berkata: Bagaimana itu terjadi? Ia berkata: Saya mempunyai orang tua yang kaya raya, bapak saya selalu mengeluarkan zakat, menerima tamu, memberi orang yang meminta-minta dan tidak pernah meremehkan kebaikan apapun kecuali ia lakukan.

Dan ibuku adalah wanita yang sangat bakhil (pelit), ia tidak melakukan kebaikan apapun dalam hartanya.
Kemudian bapakku meninggal, dan 2 bulan setelahnya ibuku pun menyusul..

Semalam saya bermimpi melihat bapakku mengenakan 2 buah pakaian kuning yang di depannya ada sebuah sungai mengalir.
Lalu saya bertanya: Wahai bapak, bagaimana bisa engkau mendapatkan ini?

Ia berkata: Wahai putriku, barangsiapa yang mengerjakan kebajikan di dunia maka ia pula akan mendapatkan balasan kebaikan. Allahlah yang memberikan ini untukku.

Saya bertanya: Lalu bagaimana dengan ibu?,
Ia berkata: Apakah ibumu telah meninggal dunia?, Saya berkata: Ya. Ia berkata: Jauh sekali! Keadilan telah ditetapkan untuk kita. Pergilah cari ibumu di bagian kiri..

Maka saya pun pergi ke arah kiri, seketika saya melihat ibuku berdiri telanjang hanya mengenakan sobekan kain, di tangannya terdapat lemak kecil, dan berseru: Alangkah merananya, alangkah kasiannya, alangkah hausnya..

Ketika ia merasa kelelahan, ia meremas lemak kecil tersebut dengan telapak tangannya kemudian menjilatinya, padahal di depannya ada sungai yang mengalir.

Saya berkata: Wahai ibuku, mengapa engkau berteriak haus, padahal di depanmu ada sungai yang mengalir?. Ia berkata: Saya tidak dibolehkan untuk minum darinya.

Lalu saya berkata: Bagaimana kalau saya memberimu minum?. Ia berkata: Saya berharap seandainya kamu melakukannya.
Maka saya pun menciduk satu cidukan untuknya dan meminumkannya.

Ketika ia telah minum, seseorang berseru dari arah kanan: Sungguh, orang yang memberi minum kepada wanita ini, maka tangannya akan lumpuh -2 kali-. Maka ketika saya terbangun tangan kananku sudah lumpuh, saya tidak bisa bekerja dengan tangan kananku.

Maka Aisyah radhiallahu ‘anha berkata: Apakah kamu mengetahui sobekan kain itu?. Perempuan itu berkata: Iya wahai Ummul Mukminin, saya liat sobekan kain itu pada ibuku, saya tidak pernah melihat ia bersedekah dengan sesuatu apapun.

Kecuali suatu hari bapakku menyembelih seorang sapi muda, tiba-tiba datanglah seseorang meminta-minta, lalu ibuku mengambil sepotong tulang yang padanya ada sedikit lemak, kemudian ia memberikannya kepada peminta-minta tersebut.

Maka Aisyah radhiallahu ‘anha bertakbir lalu berkata: Sungguh Allah Maha benar dan Rasulullah ﷺ telah menyampaikannya:

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ . وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرَّا يَرَه
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Surah Az-zalzalah: 7-8)

Al-Muhaddist : Ibnu Rajab
Judul : 3 hal yang mengikuti seorang jenazah ke dalam kuburnya.
Halaman/No : 429/2
Derajat hadis : Hasan.