Orang Yang Banyak Bersumpah Ketika Jual Beli; Baik Dia Benar atau Dusta.

Orang Yang Banyak Bersumpah Ketika Jual Beli; Baik Dia Benar atau Dusta.

524
0
BERBAGI

Dari Salman al-Farisi bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْظُرُ اللّهُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ : أُشَيْمِطٌ زَانٍ وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ وَرَجُلٌ جَعَلَ اللّهَ بِضَاعَتَهُ لاَ يَشْتَرِي إِلاَّ بِيَمِيْنِهِ وَ لاَ يَبِيْعُ إِلاَّ بِيَمِيْنِهِ.

“Tiga golongan yang Allah tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat, tidak akan mensucikan mereka dan bagi mereka adzab yang pedih; Orang tua yang berzina, orang miskin yang sombong, dan orang yang menjadikan Allah sebagai barang dagangannya, dia tidak menjual kecuali dengan bersumpah dengan nama Allah dan tidak membeli kecuali dengan bersumpah dengan nama Allah.” (HR. ath-Thabrani dan al-Baihaqi dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

أَرْبَعَةٌ يُبْغِضُهُمُ اللهُ تَعَالَى: الْبَيَّاعُ الْحَلاَّفُ، وَالْفَقِيْرُ الْمُخْتَالُ وَالشَّيْخُ الزَّانِي وَاْلإِمَامُ الْجَائِرُ.

“Empat golongan yang dibenci oleh Allah; penjual yang banyak bersumpah, orang fakir yang sombong, orang tua yang berzina dan pemimpin yang dzalim.” (HR. an-Nasa’i dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).

Tidak diragukan lagi bahwasanya banyak mengucapkan sumpah dengan lisan dalam semua urusan kecil atau besar, sesuai atau tidak, akan membiasakan seseorang meremehkan nama Allah subhaanahu wata’ala yang agung dan berani untuk melanggar kehormatan Dzat yang dia bersumpah denganNya. Para ulama Salaf melarang anak-anak mereka untuk banyak bersumpah. Ibrahim an-Nakha’i berkata, “Mereka (para orang tua) memukul kami (anak-anaknya) apabila memberikan persaksian dan perjanjian.” Allah subhaanahu wata’ala mencela seseorang (yang banyak bersumpah) sebagaimana firmanNya,

وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَهِينٍ

“Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina.” (Al-Qalam: 10)

Allah subhaanahu wata’ala mensifati mereka yang banyak bersumpah dalam konteks celaan, penghinaan dan agar orang lain menjauhkan diri dari perbuatan mereka.

BERBAGI
Artikel sebelumyaBila Suami Impoten
Artikel berikutnyaTatacara Tayamum

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.